Sabtu, 03 September 2016

Tips Mengatasi Rasa Pedas Saat Makan Makanan Pedas

TIPS MENGATASI RASA PEDAS SAAT MAKAN
 MAKANAN PEDAS
Image result for tips memakan makanan pedas


Apakah Anda suka mengkonsumsi makanan yang pedas? Jika iya, seberapa tahan Anda dengan rasa pedas yang ditimbulkan saat atau setelah mengkonsumsi makanan tersebut? Banyak orang khususnya di Indonesia menggemari makanan pedas. Rasa pedas merupakan salah satu ciri khas makanan tradisional di banyak daerah. Namun walaupun begitu, tidak semua orang di Indonesia menyukai rasa pedas ini, ada banyak orang yang tidak tahan sensasi panas yang ditimbulkan makanan pedas.

Sebenarnya lidah tidak memiliki bagian yang mengecap rasa pedas. Pedas ditimbulkan oleh rasa panas pada permukaan lidah yang umumnya dikarenakan oleh zat kapsaisin. Zat kapsaisin terdapat pada tumbuhan yang memiliki rasa pedas, seperti cabai.
Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa memakan makanan yang pedas, saya mempunyai beberapa tips yang bisa Anda lakukan guna mengatasi atau meminimalisir rasa pedas yang ditimbulkan.

Sebelum Makan

1.  Susu
Image result for susu
Sebelum memakan makanan pedas, ada baiknya Anda mengkonsumsi susu terlebih dahulu. Susu dapat menetralkan rasa pedas yang dikirimkan oleh zat kapsaisin ke dalam tubuh melalui darah. Selain itu, susu dapat mencegah diare, karena seperti yang kita ketahui mengkonsumsi makanan yang pedas dapat memicu penyakit diare.

2.  Minuman Dingin
Image result for air es segar
Anda juga bisa meminum minuman yang sangat dingin sebelum makan, hal ini akan menyebabkan brain freeze atau bahkan mati rasa pada lidah.

3.  Gula
Image result for Gula
Ambil setengah sendok gula kemudian makan atau emut selama kurang lebih setengah menit. Efek yang ditimbulkan juga sama seperti minuman dingin.
Saat Makan
Makanlah dengan perlahan-lahan, berikan jeda antara satu suapan dengan suapan yang lain. Hal ini akan membuat efek zat kapsaisin pada lidah akan menurun sebelum memakan suapan selanjutnya.

Saat makan juga barengi dengan makanan lain dengan tekstur berbeda, seperti roti. Hal ini akan memberikan penerimaan lain pada lidah.

Sesudah Makan

Sesudah makan siapkan lap atau kain dan celupkan ke air hangat, selanjutnya tepuk-tepukkan kain tersebut ke lidah Anda.

Selain itu Anda bisa mengemut sebatang dark/white chocolate atau mengunyah permen karet.

Image result for dark/white chocolate 

Nah, itu merupakan tips mengatasi rasa pedas saat makan makanan yang pedas, sekarang Anda tidak perlu lagi takut untuk mengkonsumsi makanan pedas, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Oleh:  Upika Aspri Adhiyantie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar